Minggu, 20 Oktober 2013

Resep Pohul Pohul Khas Tapanuli

Pohul pohul atau juga sering disebut  Itak Pohul pohul merupakan jajanan pasar ringan khas Batak yang berasal dari Tapanuli. Pohul pohul mamiliki bentuk dan rasa yang sangat unik. Bentuk jajanan pasar ini  mirip seperti kepalan jari tangan atau dalam bahasa batak disebut juga Itak Gurgur atau pohul pohul yang artinya kepalan.
Pada dasarnya Pohul pohul terdiri dari dua macam yaitu pertama pohul pohul mentah dan yang kedua pohul pohul kukus. jajanan ini selain favorit keluarga ternyata dalam pohul-pohul terkandung karbohidrat, protein, zat besi, kalsium,omega 3, lemak, vitamin B1, B2, B3, B6 dan serat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. pohul-pohul biasanya sering dijadikan buah tangan bagi sanak saudara atau keluarga yang hendak datang berkunjung untuk pembicaraan adat seperti acara peminangan atau perkawinan putra putri mereka. berikut adalah resep sederhana untuk membuat pohul-pohul kukus yang lezat
Bahan yang perlu disiapkan adalah:
  • 125 gr tepung beras
  • 250 gr kelapa setengah tua, kupas bersih, cuci kemudian parut kasar
  • 50 gr gula merah atau gula jawa sisir kasar
  • 20 lbr daun pandan
  • ½ sdt garam (sesuai selera)
Cara Membuat pohul pohul:
1. Campurkan tepung beras, kelapa dan garam hingga rata.
2. kemudian tambahkan gula merah/gula jawa, lalu sisihkan.
3. Ambilah dua sendok makan adonan yang tadi, kemudian bentuk adonan dengan mengepalnya menggunakan tangan.
4. taruh daun pandan di atas tempat kukusan. kemudian kukus adonan yang telah dikepal hingga matang. lalu sajikan selagi hangat.

Sumber . . .



Tidak ada komentar:

Posting Komentar