Selasa, 19 Agustus 2014

Tepung Terigu Untuk Kue Kering


Tepung terigu protein rendah
tepung rendah protein

Tepung terigu protein rendah merupakan bahan tepung yang paling cocok untuk membuat kue-kue lebaran. Lebaran merupakan hari raya umat muslim sedunia setelah selama satu bulan mereka menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Di hari raya ini sudah menjadi tradisi jika di setiap rumah terdapat banyak makanan-makanan khas lebaran di antaranya adalah kue atau cookies. Tidak heran jika setiap menjelang lebaran permintaan konsumen akan tepung terigu melonjak naik.

Namun tidak banyak yang mengetahui sebenarnya bahan terigu itu ada jenisnya yaitu terigu protein tinggi, protein sedang dan protein rendah. Mengingat jenisnya berbeda maka hasil makanan yang dibuat dari tepung terigu ini juga berbeda. Untuk kue lebaran tepung yang digunakan adalah tepung yang mempunyai protein rendah. Artinya tepung terigu ini hanya memiliki kandungan gluten 8 hingga 9 % saja. Selain itu gandum yang menjadi bahan dasarnya merupakan gandum lunak.


Ada beberapa kreasi kue kering yang bisa anda buat dengan menggunakan tepung terigu yang memiliki protein rendah. Di antaranya adalah kue kastangel, putri salju, kue nastar dan kue-kue renyah lainnya. Agar kue-kue kering anda berasa enak dan sempurna maka pemilihan jenis tepung yang baik juga harus anda perhatikan. Mengingat tidak semua tepung terigu memiliki kadar protein yang demikian sehingga bisa saja hasilnya tidak maksimal jika anda salah memilih tepungnya.

Tepung terigu yang baik bukan berarti tepung terigu yang berasal dari merek yang terkenal atau harganya mahal. Tepung terigu mulai dari yang berprotein tinggi hingga tepung terigu protein rendah ditentukan dari kualitas gandum yang digunakannya. Pemilihan gandum yang baik tentu saja akan menghasilkan tepung yang baik sehingga hasil olahan makanannya juga sempurna. Untuk itu ada baiknya sebelum membeli kenali terlebih dahulu produk tepung yang akan anda pilih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar