Kamis, 31 Agustus 2017

Bahaya Apabila Anak-Anak Sering Mengkonsumsi Jajanan Anak Diluar Rumah

Bahaya Apabila Anak-Anak Sering Mengkonsumsi Jajanan Anak Diluar Rumah

Anak-anak memang selalu gemar bermain, bahkan tiada hari yang dihabiskannya tanpa bermain. Ketika bermain inilah anak-anak kerap kali kehilangan kontrol pengawasan dari orang tua sehingga mereka bisa melakukan apapun sesuka hati, salah satunya ialah membeli jajanan anak diluar rumah yang tidak higienis. Untuk itu Anda pun sebagai orang tua harus mampu menjalankan peran pengawasan yang baik, tentunya dengan cara-cara yang baik pula supaya anak-anak tidak merasa terkekang.

Hal ini sangat penting untuk dilakukan karena perlu diketahui bahwa jajanan yang tidak higienis tersebut sangatlah berbahaya apabila dikonsumsi secara rutin, terlebih bagi anak-anak yang notabene memiliki kondisi daya tahan tubuh yang masih belum stabil. Lalu untuk mengetahui bahaya apa saja yang mengintai anak-anak diakibatkan jajanan tidak higienis tersebut, sebaiknya Anda membaca terlebih dahulu ulasan berikut ini:

Bahaya Yang Timbul Akibat Sering Mengkonsumsi Jajanan Anak Diluar Rumah

1. Tercemat Bakteri E-coli

Apakah Anda pernah heran mengapa anak-anak sangat sering sekali mengalami diare? Jika iya, hal itu bisa saja disebabkan oleh seringnya mengkonsumsi makanan yang tidak higienis. Walaupun pada dasarnya diare bisa saja disebabkan oleh berbagai hal, tetap saja makanan tidak higienis menjadi salah satu penyebab utama yang membuat anak Anda kerap kali terserang diare.

Hal ini dikarenakan makanan yang dijual bebas diluar rumah seringkali sudah terkontaminasi oleh bakteri E-coli yang turut terbawa oleh virus dan kuman yang ada di udara. Terlebih jika jajanan tersebut dijual secara terbuka tanpa ada penutupnya, tentu seluruh bakteri bisa hinggap didalamnya. 

2. Tifus

Selain diare, makanan yang tidak higienis juga bisa menyebabkan anak-anak terserang tifus. Hal ini dikarenakan kondisi pencernaan pada anak-anak sejatinya masih sangat lemah sehingga rentan sekali mengalami luka apabila terus-menerus mengkonsumsi makana yang tidak higienis. 

Gejala awalnya anak-anak akan sering mengalami diare diiringi muntah. Lalu kondisi pun akan menjadi lebih buruk ketika anak sudah mulai demam tanda munculnya tifus. Untuk itu sebaiknya Anda memberi pemahaman secara tepat supaya anak-anak tidak lagi membeli jajanan diluar rumah secara sembarangan.

3. Diabetes

Mungkin Anda menganggap bahwa diabetes adalah penyakit yang hanya bisa diderita oleh orang yang sudah tua saja. Hal ini sebenarnya tidaklah salah karena pada dasarnya diabetes memang sangat rentan menyerang orang berusia lanjut. Hanya saja hal ini juga sangat bergantung pada kondisi gaya hidup seseorang, seperti misalnya anak-anak yang selalu membeli jajanan manis diluar rumah sedangkan jajanan tersebut dibuat menggunakan gula secara berlebih, tentu resiko diabetes akan semakin tinggi.

Setidaknya dengan mencegah anak-anak mengkonsumsi jajanan diluar rumah, Anda juga turut serta dalam menyelamatkan masa depannya agar terhindar dari penyakit diabetes.

4. Motorik Yang Melemah

Apakah anak Anda sulit konsentrasi? Hal ini bisa jadi dikarenakan gaya hidup yang tidak sehat karena terlalu sering mengkonsumsi jajanan yang tidak higienis. Perlu diketahui bahwa jajanan yang tidak higienis diluaran sana kebanyakan diolah menggunakan bahan-bahan yang tidak layak konsumsi, bahkan sebagian besar diantaranya juga ada yang mencampurkan bahan-bahan kimia untuk pengawet ataupun sekedar menghilangkan bau busuk dari bahan baku yang sudah kadaluarsa.

Hal inilah yang akhirnya dalam jangka panjang akan membuat kondisi motorik anak-anak menjadi melemah dan mempengaruhi daya ingat serta kemampuan konsentrasinya. 

Nah, demikianlah ulasan yang bisa dibagikan seputar bahaya dari terlalu seringnya mengkonsumsi jajanan anak diluar rumah yang tidak higienis. Untuk itu awasi selalu anak Anda dan lakukan tindak pencegahan dengan selalu membawakannya bekal makanan dari rumah. Pastikan juga bekal makanan diolah dengan cara yang sehat seperti misalnya memasak bekal menggunakan mentega Blueband yang mengandung tinggi nutrisi dan baik untuk kesehatan keluarga Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar