Senin, 30 September 2013

KEANEKARAGAMAN KULINER INDONESIA

Negara kita memiliki ciri khas dan keanekaragaman yang berbeda-beda. Sehingga menjadikan kita memiliki keanekaragaman masakan yang berbeda-beda mulai dari sabang hingga marauke. Keaneragaman makan dapat kita simak dalam perincian yang akan saya sampaikan berikut ini.

Jenis-jenis kuliner
Saya akan memulai dari daerah Maluku, daerah ini memiliki masakan yang biasa disebut papeda. Makanan ini berbahan dasar sagu dengan tampilan dalam bentuk kental seperti adonan kue. Makanan ini sering dihindangkan dengan kuah ikan tongkol atau ikan mubara. Bahan untuk racikan kuahnya terdiri dari kunyit dan campuran bumbu lainnya sehingga tampilan warnah kuahnya cenderung berwarna kuning, dengan tambahan irisan jeruk nipis yang disajikan terpisah seperti pada masakan soto atau coto.

Masakan Timur indonesia
Berikutnya kita coba untuk membahas makanan khas dari daerah paling timur Indonesia yaitu papua. Ikan bakar monokwari begitulah jenis makanan  ini biasa disebut oleh masyarakat setempat. Masakan jenis ini di klaim tidak akan bisa anda temukan direstoran manapun bahkan di daerah manapun di negeri ini. Yang membuat makanan ini berbeda dan tidak ditemukan di daerah lain adalah terletak pada sambal khas asli papua.
Daerah papua memiliki sumbera daya alam yang lumayan banyak baik didarat maupun laut sehingga bukan hal yang sulit untuk menghasilkan bahan dasar yang berkualitas. Jenis makanan ini menyajikan bahan dasar ikan tongkol pilihan yang berkualitas.
Sertelah dari daerah paling timur Indonesia saya akan mengajak anda untuk menyimak makanan dari daerah paling utara indonesia yaitu manado. Di manado kita akan mendengar nama makanan yang biasa disebut bubur tinutuan atau bubur manado untuk sebutan bagi warga di daerah lain.
Bubur tinituan adalah makanan khas daerah manado dan oleh masyatakat setempat biasa dimakan  waktu sarapan pagi. Biasanya bubur tinutuan dihidangkan dengan perkedel, sambal dabu-dabu dan mie khas daerah manado yang disebut nidal.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar